MAKALAH PERILAKU MALAS CENDERUNG MEMBUDAYA DIKALANGAN MAHASISWA
MAKALAH
IBD
Mata
kuliah :ilmu budaya dasar
Dosen
:Muhammad Burhan Amin
TUGAS
MAKALAH
Perilaku
Malas
Cenderung Membudaya
Dikalangan Mahasiswa
Cenderung Membudaya
Dikalangan Mahasiswa
Kelas:
1-KA33
Tanggal
penyerahan makalah :26-04-2013
Tanggal
upload makalah:27-04-2013
P E R N Y A T A A N
Dengan ini saya menyatakan bahwa
seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri
tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.
Apabila
terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat
nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.
P e n y u s u n
N
P
M
|
Nama
Lengkap
|
Tanda
Tangan
|
10112054
|
Abimanyu
uji hariyanto
|
Program Sarjana Sistem Informasi
UNIVERSITAS GUNADARMA
Kata
pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “Perilaku Malas
Cenderung Membudaya Dikalangan Mahasiswa”
Makalah ini berisikan tentang cara perilaku malas yang sekarang menjadi budaya di kalangan mahasiswa.Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang cara mengubah perilaku mahasiswa yang malas menjadi semangat dalam belajar
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.
Bekasi
27 April 2013Penyusun
ii
Daftar
Isi
Pengantar................................................................................................................ii
Daftar
isi.................................................................................................................iii
Bab
1 Pendahuluan
- Latar belakang............................................................................................1
- Tujuan........................................................................................................2
- Sasaran.......................................................................................................2
Bab
2 Permasalahan
- Kekuatan....................................................................................................4
- Kelemahan.................................................................................................4
- Peluang.......................................................................................................4
- Hambatan ..................................................................................................4
Bab
III Kesimpulan dan Rekomendasi
- Kesimpulan...............................................................................................5
- Rekomendasi ............................................................................................5
- Referensi ...................................................................................................5
iii
BAB
1 PENDAHULUAN
11.latar
belakang
Mahasiswa
sebagai bagian dari institusi pendidikan dituntut mampu berprestasi
dengan optimal dan selalu dihadapkan oleh tugas-tugas baik itu yang
bersifat akademis maupun non akademis (misalnya organisasi
kemasiswaan).mahasiswa juga tdak terlepas dari tuntutan untuk
memenuhi tugasnya itu.akan tetapi sering kali dalam menghadapi
tugas-tugas tersebut muncul rasa enggan atau malas untuk
mengerjakannya.rasa enggan ini berasal dari kondisi psikologis yang
di alami dan mendorongnya untuk menghindari tugas-tugas yang
seharusnya di kerjakan.gejala dari perilaku ini dapat di sebut
sebagai proktrastinasi,yang dapat di artikan sebagai perilaku menunda
untuk memulai suatu pekerjaan ataupun kegagalan dalam menyelesaikan
pekerjaan yang di tangani tepat pada waktunya.
Para
peneliti telah mendefinisikan prokrastinasi sebagai suatu
kekurangan,atau ketidakmampuan mengatur diri sendiri dan
kecenderungan perilaku tersebut menunda suatu pekerjaan sehingga
tujuan tidak tercapai.hasil penelitian lebih lanjut juga membuktikan
bahwa proktrastinasi tidak hanya suatu masalah,melainkan suatu proses
yang kompleks yang melibatkan afektif,kognitif dan komponen perilaku.
1
Tujuan
Tujuan
makalah ini adalah untuk :
Ø Menyelesaikan
tugas makalah Ilmu Budaya dasar
Ø Menambah
wawasan baik untuk penyusun ataupun pembaca
Ø Meningkatkan
rasa nasionalisme dan persatuan bangsa
Ø Menjaga
dan melestarikan budaya kita
Ø Mengaplikasikan
dalam kehidupan sehari-hari
Sasaran
Sasaranya
yaitu masyarakat pembaca mampu mendekrisipkan bagaimana cara
berperilaku baik menjadi semangat dalam menuntun mahasiswa yang
teladan dalam mengerjakan kewajibannya yaitu belajar
2
Bab
II PERMASALAHAN
Prokrastinasi
merupakan salah satu masalah yang menimpa sebagian besar
mahasiswa,mengestimasi bahwa sebanyak 95% mahasiswa melakukan
prokrastinasi,tidak kurang dari 20% orang dewasa menggolongkan diri
mereka sebagai prokrastinator yang kronik dalam bidang
akademis.penelitian lain menyebutkan prokrastinasi telah mempengaruhi
50% sampai 90% mahasiswa dalam bidang akademis.mahasiswa juga sering
kali di sadari atau tidak disadari melakukan prokrastinasi
akademis,di perkirakan sekitar 25% sampai 75% dari mahasiswa
melakukan prokrastinasi akademis.banyaknya kasus prokrastinasi pada
area akademis membuat banyak penelitian prokrastinasi berfokus secara
spesifik pada area lingkungan akademis.
Lebih
lanjut,prokrastinasi akademis dapat di asosiasikan pula dengan
menyerahkan tugas melewati batas waktu,mengalami kecemasan dalam
menghadapi tes,mendapatkan nilai mata kuliah yang rendah.bahwa
mahasiswa yang berprilaku prokrastinasi akan meletakkan tugas pada
prioritas terakhir di bandingkan memulai aktifitas yang lain seperti
bertemu dengan teman.
3
KEKUATAN
- Meningkatkan kepedulian sosial antara dosen dan mahasiswa
- Meningkatkan kinerja mahasiswa dalam melakukan kewajiban belajar
- Menumbuhkan rasa kebersamaan antar mahasiswa untuk meningkatkan kinerja mereka masing-masing
KELEMAHAN
- pengaruh dunia IPTEK contoh:game online
- ketidakpedulian antar mahasiswa dalam meningkatkan kinerjanya
- kurangnya rasa sosialisasi antar dosen & mahasiswa
PELUANG
- menumbuhkan kesatuan & persatuan antar mahasiswa
- berkembangnya rasa kebersamaan dalam menciptakan kelompok kerja
- terciptanya sosialisasi antar mahasiswa dalam memberikan materi kerjanya
TANTANGAN
- perpecahan dalam kelompok kerja mahasiswa
- kurangnya rasa kerja sama dalam memberikan materi kepada mahasiswa
- ego mahasiswa yang tidak mau berbagi ilmunya kepada mahasiswa lain
4
Bab
III Kesimpulan dan Rekomendasi
KESIMPULAN
Motivasi
berprestasi dapat di katakan sebagai penggerak mahasiswa untuk
mengusahakan kemajuan dalam belajar dan mengejar taraf prestasi
maksimal,demi pengayaan diri sendiri & penghargaan terhadap diri
sendiri.motivasi berprestasi juga dapat di definisikan sebagai
keinginan untuk mencapai sukses,untuk melakukan yang lebih baik dari
orang lain & untuk menguasai tugas-tugas yang menantang.
REKOMENDASI
- meningkatkan kerja sama antar mahasiswa dan dosen dalam memberikan materi kuliah yang mudah di tanggapi oleh siswa,sehingga mereka semangat dalam belajar
- contoh penyakit mahasiswa menjadi pemalas yaitu pengaruh dunia IPTEK,karna di jaman sekarang dunia IT semakin berkembang dengan adanya game online yang membuat virus di kalangan mahasiswa
- dalam satu kelas itu ibaratkan keluarga yang saling menghormati,memberikan semangat antar sesama ,tumbuhnya rasa kesatuan mahasiswa akan meningkatnya daya kelompok kerja mereka dalam memahami materi pelajaran
- perpecahan dalam kelompok mahasiswa itu di sebabkan karna adanya ke egoisan mahasiswa dalam memberikan ilmunya kepada mahasiswa lainnya
REFERENSI
Komentar
Posting Komentar