MAKALAH PERILAKU MALAS CENDERUNG MEMBUDAYA DIKALANGAN MAHASISWA

MAKALAH IBD
Mata kuliah :ilmu budaya dasar
Dosen :Muhammad Burhan Amin
TUGAS MAKALAH
Perilaku Malas
Cenderung Membudaya
Dikalangan Mahasiswa

Kelas: 1-KA33
Tanggal penyerahan makalah :26-04-2013
Tanggal upload makalah:27-04-2013


P E R N Y A T A A N


Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.

Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.

P e n y u s u n


N P M
Nama Lengkap
Tanda Tangan
10112054
Abimanyu uji hariyanto



Program Sarjana Sistem Informasi

UNIVERSITAS GUNADARMA


Kata pengantar

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “
Perilaku Malas
Cenderung Membudaya Dikalangan Mahasiswa”


Makalah ini berisikan tentang cara perilaku malas yang sekarang menjadi budaya di kalangan mahasiswa.Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang cara mengubah perilaku mahasiswa yang malas menjadi semangat dalam belajar

Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.

Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.

Bekasi 27 April 2013Penyusun











ii
Daftar Isi

Pengantar................................................................................................................ii
Daftar isi.................................................................................................................iii
Bab 1 Pendahuluan
  1. Latar belakang............................................................................................1
  2. Tujuan........................................................................................................2
  3. Sasaran.......................................................................................................2
Bab 2 Permasalahan
  1. Kekuatan....................................................................................................4
  2. Kelemahan.................................................................................................4
  3. Peluang.......................................................................................................4
  4. Hambatan ..................................................................................................4
Bab III Kesimpulan dan Rekomendasi
  1. Kesimpulan...............................................................................................5
  2. Rekomendasi ............................................................................................5
  3. Referensi ...................................................................................................5











iii
BAB 1 PENDAHULUAN
11.latar belakang
Mahasiswa sebagai bagian dari institusi pendidikan dituntut mampu berprestasi dengan optimal dan selalu dihadapkan oleh tugas-tugas baik itu yang bersifat akademis maupun non akademis (misalnya organisasi kemasiswaan).mahasiswa juga tdak terlepas dari tuntutan untuk memenuhi tugasnya itu.akan tetapi sering kali dalam menghadapi tugas-tugas tersebut muncul rasa enggan atau malas untuk mengerjakannya.rasa enggan ini berasal dari kondisi psikologis yang di alami dan mendorongnya untuk menghindari tugas-tugas yang seharusnya di kerjakan.gejala dari perilaku ini dapat di sebut sebagai proktrastinasi,yang dapat di artikan sebagai perilaku menunda untuk memulai suatu pekerjaan ataupun kegagalan dalam menyelesaikan pekerjaan yang di tangani tepat pada waktunya.
Para peneliti telah mendefinisikan prokrastinasi sebagai suatu kekurangan,atau ketidakmampuan mengatur diri sendiri dan kecenderungan perilaku tersebut menunda suatu pekerjaan sehingga tujuan tidak tercapai.hasil penelitian lebih lanjut juga membuktikan bahwa proktrastinasi tidak hanya suatu masalah,melainkan suatu proses yang kompleks yang melibatkan afektif,kognitif dan komponen perilaku.















1
Tujuan
Tujuan makalah ini adalah untuk :
Ø  Menyelesaikan tugas makalah Ilmu Budaya dasar
Ø  Menambah wawasan baik untuk penyusun ataupun pembaca
Ø  Meningkatkan rasa nasionalisme dan persatuan bangsa
Ø  Menjaga dan melestarikan budaya kita
Ø  Mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
Sasaran
Sasaranya yaitu masyarakat pembaca mampu mendekrisipkan bagaimana cara berperilaku baik menjadi semangat dalam menuntun mahasiswa yang teladan dalam mengerjakan kewajibannya yaitu belajar















2
Bab II PERMASALAHAN
Prokrastinasi merupakan salah satu masalah yang menimpa sebagian besar mahasiswa,mengestimasi bahwa sebanyak 95% mahasiswa melakukan prokrastinasi,tidak kurang dari 20% orang dewasa menggolongkan diri mereka sebagai prokrastinator yang kronik dalam bidang akademis.penelitian lain menyebutkan prokrastinasi telah mempengaruhi 50% sampai 90% mahasiswa dalam bidang akademis.mahasiswa juga sering kali di sadari atau tidak disadari melakukan prokrastinasi akademis,di perkirakan sekitar 25% sampai 75% dari mahasiswa melakukan prokrastinasi akademis.banyaknya kasus prokrastinasi pada area akademis membuat banyak penelitian prokrastinasi berfokus secara spesifik pada area lingkungan akademis.
Lebih lanjut,prokrastinasi akademis dapat di asosiasikan pula dengan menyerahkan tugas melewati batas waktu,mengalami kecemasan dalam menghadapi tes,mendapatkan nilai mata kuliah yang rendah.bahwa mahasiswa yang berprilaku prokrastinasi akan meletakkan tugas pada prioritas terakhir di bandingkan memulai aktifitas yang lain seperti bertemu dengan teman.
















3
KEKUATAN
  • Meningkatkan kepedulian sosial antara dosen dan mahasiswa
  • Meningkatkan kinerja mahasiswa dalam melakukan kewajiban belajar
  • Menumbuhkan rasa kebersamaan antar mahasiswa untuk meningkatkan kinerja mereka masing-masing

KELEMAHAN
  • pengaruh dunia IPTEK contoh:game online
  • ketidakpedulian antar mahasiswa dalam meningkatkan kinerjanya
  • kurangnya rasa sosialisasi antar dosen & mahasiswa

PELUANG
  • menumbuhkan kesatuan & persatuan antar mahasiswa
  • berkembangnya rasa kebersamaan dalam menciptakan kelompok kerja
  • terciptanya sosialisasi antar mahasiswa dalam memberikan materi kerjanya

TANTANGAN
  • perpecahan dalam kelompok kerja mahasiswa
  • kurangnya rasa kerja sama dalam memberikan materi kepada mahasiswa
  • ego mahasiswa yang tidak mau berbagi ilmunya kepada mahasiswa lain









4
Bab III Kesimpulan dan Rekomendasi
KESIMPULAN
Motivasi berprestasi dapat di katakan sebagai penggerak mahasiswa untuk mengusahakan kemajuan dalam belajar dan mengejar taraf prestasi maksimal,demi pengayaan diri sendiri & penghargaan terhadap diri sendiri.motivasi berprestasi juga dapat di definisikan sebagai keinginan untuk mencapai sukses,untuk melakukan yang lebih baik dari orang lain & untuk menguasai tugas-tugas yang menantang.

REKOMENDASI
  1. meningkatkan kerja sama antar mahasiswa dan dosen dalam memberikan materi kuliah yang mudah di tanggapi oleh siswa,sehingga mereka semangat dalam belajar


  1. contoh penyakit mahasiswa menjadi pemalas yaitu pengaruh dunia IPTEK,karna di jaman sekarang dunia IT semakin berkembang dengan adanya game online yang membuat virus di kalangan mahasiswa


  1. dalam satu kelas itu ibaratkan keluarga yang saling menghormati,memberikan semangat antar sesama ,tumbuhnya rasa kesatuan mahasiswa akan meningkatnya daya kelompok kerja mereka dalam memahami materi pelajaran

  1. perpecahan dalam kelompok mahasiswa itu di sebabkan karna adanya ke egoisan mahasiswa dalam memberikan ilmunya kepada mahasiswa lainnya

REFERENSI

Komentar

Postingan Populer