USAHA TOKO SEMBAKO ATAU KELONTONGAN

USAHA TOKO SEMBAKO ATAU KELONTONGAN

                                        BAB I
                                  PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
   Wirausaha membuat suatu toko sembako merupakan bentuk usaha yang paling dicari oleh para konsumen khususnya para ibu rumah tangga karena di dalam toko tersebut menyediakan barang-barang keperluan sehari-hari baik berupa makanan pokok dan perlengkapan yang diperlukan tiap harinya misalkan beras,minyak goreng,telor,sikat gigi,pasta gigi,sabun,dll diantara barang itu semua pasti setiap orang memerlukannya
 Oleh karena itu,saya berinisiatif ingin membuka toko sembako selain banyak dicari oleh konsumen barang-barangnya pun mudah dicari di pasaran dan mengeluarkan modalnya pun tidak terlalu banyak

1.2 TUJUAN
  Tujuan dari dibuatnya usaha toko sembako diantaranya adalah sebagai berikut:
-         Memudahkan para konsumen dalam memenuhi kebutuhannya
-         Untuk menambah pengalaman dalam membuka usaha kecil
-         Untuk melatih diri dalam membuat suatu usaha sendiri kedepannya



1.3 IDENTIFIKASI MASALAH

·       Bagaimana strategi wilayah tersebut ?
·       Bagaimana tujuan dari usaha yang ingin dibuat ?
·       Berapa modal yang ingin dikeluarkan ?
·       Bagaimana ruang yang digunakan ?

1.4 SASARAN
         Dalam usaha kecil yang saya buat disini sasaran utama saya adalah ibu rumah tangga karena menurut saya seorang ibu rumah tangga merupakan konsumen yang mudah untuk datang ke usaha saya.

                                                 
                                   BAB II
                              ASPEK PEMASARAN

2.1 GAMBARAN PEMASARAN
     Dalam tugas ini gambaran sebuah usaha yang ingin saya buat adalah sebuah toko kelontongan atau sembako yanag mana di dalamnya terdapat kebutuhan atau perlengkapan yang dibutuhkan dalam kegiatan tiap harinya baik beruopa makanan atau pun barang kebutuhan sehari-hari


2.2 WILAYAH MENCANGKUP
     Wilayah yang akan saya gunakan untuk membuat usaha toko sembako tersebut adalah daerah sekitar rumah saya karena daerah tempat tinggal saya strategis dan mudah dijangkau oleh para konsumen,selain itu di tempat saya juga banyak tempat kos-kosan,rumah makan kecil yang mana nantinya mereka bisa dengan mudah membeli apa yang meraka butuhkan.

2.3 SISTEMATIKA PENJUALAN
      Saya memasarkan produk yang saya akan jual dengan cara membuat ruangan kecil didepan rumah saya yang mana didalamnya dipajang atau dipamerkan produk yang nantinya akan saya jual dan konsumen dapat melihatnya.

        






                                       
                                        BAB III
                                 ANGGARAN BIAYA

PRODUK YANG DIPASARKAN
Beras @2 karung x Rp.300.000                      Rp.700.000
Indomie @5 dus x Rp.40.000                         Rp.200.000
Telor @1 peti  x Rp.200.000                          Rp.200.000
Gula @1 karung x Rp.150.000                       Rp.150.000
Tepung terigu @1 karung x Rp.100.000        Rp.100.000
Minyak goreng @1 dirigen x Rp.150.000      Rp.150.000
Sabun mandi @5 pack x Rp.10.000               Rp.  50.000
Shampo @5 pack x Rp.10.000                       Rp.  50.000        
Pasta gigi @ 5 pack x Rp.10.000                   Rp.  50.000
                                                                             ____________+
                                                                              Rp.1.650.000

                                            





                                            
                                                 BAB IV
                                            PENUTUP

4.1 KESIMPULAN
    Dengan dibuatnya perencanaan bisnis tersebut bahwa dalam membuat suatu modal usaha sendiri memerlukan pengorbanan yang cukup selain itu modal yang tidak sedikit selain itu pengalaman yang baru dalam membuat suatu usaha yang kita buat sendiri.

4.2 SARAN-SARAN
   Adapun saran yang ingin saya sampaikan :
Bila kita membuat suatu usaha sendiri kita harus mengingat pepatah bahwa “pembeli itu adalah raja” Jadi,jadikanlah seorang konsumen seperti raja karena itu adalah merupakan kunci untuk memuaskan konsumen,agar usaha yang nantinya kita buat banyak disukai oleh konsumen.

Demikianlah,kesimpulan dan saran yang saya sampaikan semoga apa yang saya tulis dan ucapkan bisa bermanfaat buat anda.

Komentar

Postingan Populer